PENGEMBANGAN MODUL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Helena Ratri Puspita Rini, Endah Saraswati, Nanda Nur Ramadhani, Eko Budi Santoso

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan pemaparan terhadap pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis multikultural pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Modul pembelajaran berbasis multikultural sangat cocok dengan konteks Indonesia yang terdiri dari beragam budaya, agama, suku, dan ras. Modul yang dikembangkan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa SMP kelas VIII dalam mempelajari materi sistem persamaan linear dua variabel dengan mengaitkan keragaman budaya yang ada di sekitar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development) yaitu mengembangkan modul yang nantinya akan dievaluasi oleh pakar dan pengguna. Hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan oleh guru di sekolah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika dengan materi sistem persamaan linear dua variabel telah memenuhi kriteria bahan ajar berbasis multikultural.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.