TELAAH KEBUTUHAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Arshita Setya Ratnasari, Melania Eva Wulanningtyas, Nafida Hetty Marhaeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kebutuhan bahan ajar elektronik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian terdiri dari 4 langkah yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan siswa hanya buku dari Pemerintah dan buku penunjang lainnya untuk dipadukan, kemampuan berpikir kreatif siswa masih cenderung rendah, dan secara keseluruhan siswa belum mencapai kriteria ketentusan minimal (KKM) karena skor maksimal yang diperoleh siswa 43,75 sedangkan KKM sekolah yaitu 74. Selanjutnya, sebanyak 71,2% siswa menyatakan apabila materi matematika dikemas dalam bahan ajar elektronik akan lebih menarik, sebanyak 86,3% siswa menyatakan bersedia menggunakan bahan ajar elektronik, dan sebanyak 71,2% siswa menyatakan bahwa bahan ajar elekronik perlu dilengkapi dengan penjelasan dan video untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian menyimpulkan bahwa bahan ajar elektronik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa perlu dikembangkan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.