DESKRIPSI KEBUTUHAN PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Siti Mahmudah, Arie Purwanto, Nafida Hetty Marhaeni

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan langkah awal dalam mengembangkan ide-ide untuk membangun pengetahuan baru dan ketrampilan belajar siswa. Metode pembelajaran dikelas yang dapat meningaktkan kemampuan tersebut perlu diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan penerapan metode problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif 2 Nurul Huda Adirejo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini memiliki beberapa hasil. Pertama rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa berada kategori sedang. Kedua metode pembelajaran yang digunakan belum dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Ketiga metode problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran problem based learning perlu diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.