PENGARUH PENDAPATAN DAN PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Dhea Puspita Putri Agustin, Yuliana Trisuryasari Nugraheni

Abstract


Penelitian berikut dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendapatan dan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma Angkatan 2019. Variabel yang diteliti yaitu pendapatan dan pendidikan orang tua serta hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan angket dan wawancara. Dalam penelitian ini, analisis yang digunakan adalah analisis inferensial. Dengan menggunakan Uji Kruskall Wallis melalui SPSS, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara pendapatan dan pendidikan orang tua terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma Angkatan 2019 dengan tingkat signifikan 0,05. Analisis penelitian pendidikan orang tua terhadap hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai exact sig 0,252 yang menunjukan bahwa 𝐻𝑜 diterima karena 0,252>0,05 sehingga masuk pada wilayah kritis. Dan analisis penelitian penghasilan orang tua terhadap hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai exact sig 0,343 yang menunjukan bahwa 𝐻𝑜 diterima karena 0,343>0,05 sehingga masuk pada wilayah kritis.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.