PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIKULTURAL DENGAN TOPIK STATISTIKA KELAS VIII

Anastasia Farren Pramudita, Marcelia Puspita Ningrum, Marcelina Meiliana Diola, Haniek Sri Pratini

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya, ras, suku, bahasa, dan etnis. Dengan adanya keberagaman ini seharusnya guru di Indonesia memberikan materi pada pembelajaran yang berbasis multikultural. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemberian materi oleh guru dengan memanfaatkan konteks multikultural, terutama pada pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan modul pembelajaran matematika yang dapat digunakan sebagai referensi oleh guru dalam menyampaikan materi di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika yang berbasis multikultural dengan topik statistika. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dengan metode ini, peneliti berfokus untuk mengembangkan suatu produk. Produk yang akan dihasilkan dan dikembangkan adalah modul pembelajaran matematika berbasis multikultural dengan topik statistika untuk kelas VIII. Pada akhir penelitian, peneliti akan memberikan angket untuk mendapatkan data validasi ahli. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru untuk dapat mengembangkan proses pembelajaran matematika berbasis multikultural terutama dalam topik statistika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.