MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR MELALUI IMPLEMENTASI LESSON STUDY

Herry Agus Susanto, Weli Umiyati, Dewi Kusumaningsih, Meida Suswandari

Abstract


Pendidikan di Indonesia menurut hasil Trend Internasional Mathematics and Science Study (TIMSS) 2015 masih berada di urutan terendah. Permasalahan pendidikan yang menjadi prioritas yaitu masalah kualitas pendidikan khususnya kualitas pembelajaran. Salah satu faktor rendahnya mutu pembelajaran yaitu kurangnya pemahaman guru akan tugasnya sebagai agen pembelajaran, oleh karena itu perlu adanya tindakan atau upaya guna memperbaiki mutu pembelajaran di masing-masing sekolah melalui Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru melalui implementasi Lesson Study dan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran (berbasis Lesson Study untuk masing-masing sekolah). PTS dilakukan pada 7 sekolah, masing-masing sekolah terdiri 4 guru dengan jumlah 28 guru yang dilaksanakan dalam 3 siklus tiap siklus terdiri dari Plan, Do, dan See. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil dari penelitian bahwa implementasi Lesson Study memberikan dampak positif dalam meningkatkan kompetensi guru di sekolah. Dari hasil data observasi didapatkan pada siklus 1 80,07 dan siklus 2 yaitu 82,40 dalam kategori baik sedangkan pada siklus 3 terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 86,77 dalam kategori baik sekali.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.