PENGEMBANGAN MODUL ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL

Dewina Artha Miranda Ambarita, Marcus Wilmarch Apunasa, Eko Budi Santoso

Abstract


Pendidikan formal memiliki peran penting dalam upaya mendukung persatuan dan kesatuan bangsa. Keragaman budaya, agama, suku, dan ras yang ada di Indonesia adalah sebuah kekayaan bangsa. Dalam konteks ini, pembelajaran di sekolah dapat dipergunakan sebagai sarana untuk menumbuhkan sikap penghargaan atas perbedaan tersebut. Hasil analisis terhadap modul atau buku teks yang dipergunakan di sekolah memperlihatkan bahwa konteks multikultural belum banyak disinggung dalam bahan-bahan ajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemaparan pengembangan modul pembelajaran aritmetika sosial berbasis multikultural. Penelitian ini adalah sebuah penelitian pengembangan yang mengacu pada tahapan-tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran matematika aritmetika sosial berbasis multikultural.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.