ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Dita Yuzianah, Arafi Setiyawan, Nila Kurniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi siswa SMP/MT’s dalam pemecahan masalah matematika pada siswa gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 4 siswa. Dengan 2 siswa bergaya kognitif field dependent dan 2 siswa bergaya kognitif field independent. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah teknik purposive. Pemilihan subjek dilakukan menggunakan tes GEFT bertujuan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent dan didasarkan pada hasil jawaban tes pemecahan masalah matematika yang dianggap dapat mewakili jawaban subjek lain untuk masing-masing gaya kognitif. Metode pengumpulan data menggunakan tes GEFT, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan representasi matematis siswa bergaya kognitif field dependent mampu memenuhi indikator representasi visual, indikator representasi persamaan atau ekspresi matematis, tetapi belum mampu memenuhi indikaror representasi verbal. (2) Kemampuan representasi matematis siswa bergaya kognitif field dependent mampu memenuhi semua indikator representasi matematis yaitu visual, persamaan atau ekspresi matematis, dan verbal.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.