MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MEMANFAATKAN EDPUZZLE

Anggi Yuliana Subagio, Mujiyem Sapti, Teguh Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan memanfaatkan Edpuzzle pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & MC Tanggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 25 Purworejo semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Peneltian ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan atau observasi, tes, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan dideskripsikan secara kualitatif (narasi). Pelaksanaan tahapan penelitian sedikit berbeda dengan proses pembelajaran sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran secara jarak jauh. Berdasarkan hasil belajar matematika siswa pada siklus I diperoleh rerata sebesar 17,18 dari 27 siswa yang mengikuti tes evaluasi dan siklus II diperoleh rerata sebesar 70,8 dari 25 siswa yang mengikuti tes evaluasi. Jadi, hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan rerata dari siklus I dan II sebesar 53,62. Dengan demikian bahwa pemanfaatan Edpuzzle pada pembelajaran jarak jauh dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 25 Purworejo semester gasal tahun pelajaran 2021/2022.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.