Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi pada Materi Pecahan Kelas VII SMP Setya Budi Nanga Pinoh Kalimantan Barat

Alexander Febrian Nugroho, Konstantina Novalena, Maria Listiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis gamifikasi pada materi pecahan pada salah satu kelas di kelas VII, di SMP Setya Budi Nanga Pinoh Kalimantan Barat, dengan media yang digunakan adalah website game roleplay ClassCraft. Penelitian ini dilaksanakan secara  daring melalui grup WhatsApp, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid - 19. Lokasi penelitian ini di SMP Setya Budi Nanga Pinoh Kalimantan Barat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif  statistik deskriptif dengan pendekatan analisis korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen non-tes yang meliputi pedoman wawancara, serta pedoman kuesioner (angket)i.Menurut hipotesis yang kami bentuk, hasil penelitian ini nantinya akan berhasil memberikan pemahaman  dan penguatan konsep materi pecahan kelas VII SMP Setya Budi Nanga Pinoh Kalimantan Barat, dengan menggunakan media ClassCraft yang sudah dikembangkan (berdasarkan pengisian angket yang telah diisioleh siswa/i)

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.