PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Detta Anastasya, Nerru P. Murnaka, Peter John, Novika Dini Liana, Haryanti Haryanti

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dibutuhkan individu pada abad ke-21. Namun berdasarkan studi TIMSS 2011, kemampuan pemecahan masalah siswa Indonesia, khususnya siswa SMP masih rendah. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Tangerang. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.