PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS GROUP INVESTIGATION BERBANTU GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Resta Hasanah, Heru Kurniawan, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar aktivitas siswa berbasis group investigation berbantu google classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian LAS oleh ahli media dan ahli materi untuk mengukur kevalidan lembar aktivitas siswa, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan LAS, soal tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur keefektifan LAS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh proses pengembangan model ADDIE, tahap dari penelitian ini terdiri dari Analysis, hasil penelitian meliputi analisis kebutuhan dan analisis materi. Design, keterkaitan lembar aktivitas siswa dengan kemampuan berpikir kritis. Development, merealisasikan desain yang telah dibuat LAS hasil produk yang dikembangkan. Implementation, penerapan LAS dalam pembelajaran, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket respon siswa. Evaluation, mengevaluasi terhadap produk yang dikembangkan. Selain itu, diperoleh hasil validasi lembar aktivitas siswa oleh ahli media dengan rerata skor validasi 3,18 kategori baik. Ahli materi mendapat rerata skor validasi 3,13 kategori baik. Hasil angket respon siswa diperoleh rerata 84%kategori sangat praktis. Hasil tes kemampuan berpikir kritis diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 63% kategori baik. Hal ini menunjukkan adanya perubahan kemampuan berpikir kritis pada penerapan LAS. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur uji gain sebesar 75,77% kategori tinggi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.