UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BENTUK GEOMETRI DI TPA IBNU SINA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Suyoto Suyoto, Kasiyatun Kasiyatun

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar bentuk geometri di TPA Ibnu Sina Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar bentuk geometri, membangun rasa percaya diri anak dalam berkreasi, menumbuhkan kreatifitas dan menanamkan kemandirian pada anak dalam menyelesaikan tugas. Motorik halus adalah  gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil namun memerlukan koordinasi mata dan tangan yang cermat. Sedangkan menggambar selain dapat melatih dan memperkuat pergelangan tangan, otot-otot jari dan telapak tangan dapat melatih kepekaan indrawi khususnya penglihatan, kepekaan artistik dan daya imajinasi anak. Melalui kegiatan menggambar bentuk geometri diharapkan dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitan ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus meliputi lima kali perbaikan. Hasil penelitian di TPA Ibnu Sina dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggambar bentuk geometri dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Terbukti peningkatan tersebut terlihat pada tingkat perkembangan awal anak  dari 20 anak yang mampu lebih baik mencapai 10% menjadi 60%.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.