EKSPERIMEN PENGGUNAAN E-LEARNING MOODLE DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GOMBONG

Augusta Rohmah Nurfauzi, Bambang Priyo Darminto, Heru Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gombong yang menggunakan e-learning moodle dengan pendekatan guided inquiry dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gombong yang menggunakan e-learning moodle dengan pendekatan konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gombong dengan sampel penelitian siswa kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa uraian dan analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh thitung 0,913 > ttabel 0,679 dengan α=5%, sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gombong yang menggunakan e-learning moodle dengan pendekatan guided inquiry lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gombong yang menggunakan e-learning moodle dengan pendekatan konvensional.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.