ANALISIS KESALAHAN KETATABAHASAAN INDONESIA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UMP DALAM MENYUSUN SKRIPSI

Bambang Priyo Darminto

Abstract


Bahasa merupakan alat komunikasi antarmanusia. Untuk menyampaikan ide atau pesan kepada orang lain, seseorang dapat melalui bahasa lisan maupun tertulis. Untuk memenuhi tugas akhir, mahasiswa program studi pendidikan matematika diwajibkan menyusun skripsi dalam bahasa Indonesia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketatabahasaan mahasiswa dalam menyusun skripsi yang meliputi  (1)kesalahan ejaan,yang terdiri penggunaan tanda baca,kata-kata baku,huruf kapital,awalan dan kata depan, (2) kesesuaian skripsi dengan pedoman,dan (3)tata bahasa, berkaitan  pemilihan diksi dan struktur kalimat. Penelitian ini dilakukan pada program studi pendidikan matematika UMP mulai bulan September tahun 2020, sedangkan metode penelitian ini adalah Simak dan Catat terhadap 32 skripsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ratarata persentase: (1) kesalahan ejaan 35%, (2)ketidaksesuaian dengan pedoman 12%, dan (3) kesalahan tata bahasa Indonesia 15%.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.