ANALISIS KESULITAN SISWA SMA BERGAYA BELAJAR AUDITORIAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS

Mei Wijayadi, Prasetyo Budi Darmono, Nila Kurniasih

Abstract


Soal HOTS adalah tingkatan tertinggi dalam persoalan, sehingga memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi pula dalam menyelesaikannya. Oleh sebab itu, terkadang siswa masih mengalami kesulitan. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut salah satunya gaya belajar siswa. Terdapat tiga jenis gaya belajar siswa yaitu auditorial, visual dan kinestetik. Fokus penelitian ini yaitu pada gaya belajar auditorial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan meninjau dari gaya belajar auditorial. Pengambilan subjek dalam penelitian ini yaitu dengan teknik snowball sampling dan purphosive sampling. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu angket, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu data reduction, data display dan conclussion. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa siswa yang bergaya belajar auditorial mengalami kesulitan pada tahap memahami konsep pada soal HOTS yang diberikan. Kesulitan tersebut disebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam materi eksponen dan kurang teliti dalam menyelesaikan soal HOTS.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.