PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 KOTA TANGERANG

Lia Purnama Indah, Nerru Pranuta M, Klara Iswara S, Susilowati Susilowati, Haryanti Haryanti

Abstract


Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa. Hal ini dikarenakan konsep-konsep dalam pembelajaran matematika membentuk suatu rangkaian sebab akibat sehingga pemahaman yang keliru terhadap suatu konsep akan berdampak pada kekeliruan pemahaman terhadap konsep-konsep selanjutnya. Kemampuan ini harus dipersiapan dan dimiliki anak agar mereka survive dan berhasil dalam menghadapi abad 21. Oleh karena itu, dalam pembelajaran, kemampuan pemahaman menjadi bagian yang semakin diperhatikan tujuan (goal) bagi seluruh siswa pada setiap mata pelajaran. Namun berdasarkan studi pendahuluan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang dilakukan peneliti di salah satu kelas VII SMP Negeri 15 Kota Tangerang menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe JIGSAW lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Tangerang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIIIK (eksperimen) dan siswa kelas VIIIH (kontrol). Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk essai. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji parametrik (uji t equivalent). Pada penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.