PENGARUH GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Syifa Almira Dees, Tri Astuti Arigiyati, Annis Deshinta Ayuningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pembelajaran daring dengan Google Classroom lebih baik dari pembelajaran daring dengan WhatsApp Group berdasarkan hasil belajar matematika; (2) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang memiliki desain Post-test Only Control dengan sampel penelitian sebanyak 63 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Subjek penelitian adalah VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebegai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu dokumentasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, uji Mann-Whitney dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Hasil belajar siswa dengan pembelajaran daring Google Classroom tidak lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran daring WhatsApp Group; (2) Motivasi belajar siswa kelas VIII C yang diajar melalui Google Classroom termasuk kategori sedang, dengan nilai rata-rata adalah 67. Dan motivasi belajar siswa kelas VIII A yang diajar melalui WhatsApp Group termasuk kategori tinggi, dengan nilai rata-rata adalah 69. Disarankan agar terdapat pembelajaran dengan menggunakan aplikasi yang diprediksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.