DISEMINASI PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN ATURAN SIMPSON DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA ERA PANDEMI COVID-19

Luthfiana Tarida, Andi Hendrawan, Indriyani Indriyani

Abstract


Pembelajaran online menjadi solusi kegiatan belajar mengajar akibat dampak penyebaran virus Covid-19. Media pendukung seperti video dibutuhkan selama pembelajaran online untuk mengurangi hambatan dan meningkatkan minat belajar peserta didik, sehingga konstruksi pengetahuan tetap dapat dibangun secara utuh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan dari diseminasi pembelajaran yang menggunakan video Aturan Simpson dalam meningkatkan minat belajar matematika era Pandemi Covid-19. Aturan Simpson merupakan salah satu materi matakuliah matematika terapan pada perguruan tinggi vokasi maritim sesuai standar IMO Model Course 7.03. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pre-Experimental Design dengan model One Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian yaitu 28 Taruna Semester I Program Studi Nautika Akademi Maritim Nusantara. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, wawancara dan kuisioner minat belajar matematika. Data hasil kuisioner diberikan kepada taruna sebelum dan sesudah belajar menggunakan video, kemudian dianalisis dengan uji T. Hasil penelitian menginformasikan minat belajar matematika Taruna lebih tinggi saat belajar menggunakan video dibanding sebelum menggunakan video. Jadi disimpulkan bahwa penggunaan video Aturan Simpson lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika era Pandemi Covid-19. Video pembelajaran dirancang interaktif dan menarik sehingga dapat meningkatkan minat taruna dalam belajar matematika.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.