MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X MATERI TRIGONOMETRI

Aini Zulfa Izza, Ela Istikhoirini, Etika Putriningsih, Nur Khamidah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model discovery learning dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi Trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Trigonometri menjadi salah satu materi matematika yang wajib untuk dipahami dan dipelajari oleh siswa dikarenakan adanya materi matematika lanjutan yang mensyaratkan pengetahuan dasar trigonometri. Namun, banyak siswa yang menganggap bahwa trigonometri merupakan salah satu materi matematika yang sulit dan kurang diminati. Kesulitan yang dialami siswa, antara lain disebabkan karena masih lemahnya pemahaman konsep matematika siswa mengenai penentuan nilai trigonometri pada setiap kuadran dan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri. Hal tersebut akan berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimun (KKM), terlebih pada pembelajaran secara daring. Pada pembelajaran daring, diharapkan agar siswa mampu meningkatkan pemahaman konsep. Salah satu upayanya dengan menerapkan model discovery learning. Discovery learning merupakan model pembelajaran yang mengutamakan penggunaan proses dalam menemukan konsep atau prinsip. Pelaksanaan discovery learning menunjukkan potensi untuk meningkatkan pemahaman konsep melalui tahap pembelajarannya. Adapun tahap pembelajaran model discovery learning, yaitu stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Berdasarkan kelebihan, discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas X materi trigonometri.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.