KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATU AKIK

Dafid Slamet Setiana, Annis Deshinta Ayuningtyas, Muhammad Irfan Rumasoreng, Nuryadi Nuryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada e-LKPD berbasis etnomatematika batu akik pada materi operasi hitung campuran siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 terhadap subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 3 Sukodono sebanyak 14 siswa. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan memberikan e-LKPD soal cerita berbasis etnomatematika batu akik kepada siswa dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan teknik persentase berdasarkan tahapan penyelesaian masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada tahap 1 (menentukan apa yang diketahui dalam soal) berada pada kategori tinggi, tahap 2 (menentukan apa yang ditanyakan dalam soal) dengan kategori tinggi, tahap 3 (menyusun model matematika/kalimat matematika) dengan kategori tinggi, dan tahap 4 (komputasi /menghitung dan menginterpretasikan jawaban model terhadap masalah awal) berada pada kategori tinggi. Secara keseluruhan nilai rata-rata siswa dalam satu kelas adalah 82,95 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, e-LKPD dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif selama pembelajaran jarak jauh, dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, sekaligus mendekatkan siswa dengan budaya lokal

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.