PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI DIMENSI TIGA MENGGUNAKAN GEOGEBRA DENGAN SUB MATERI JARAK TITIK, GARIS, DAN BIDANG DALAM RUANG UNTUK SISWA KELAS XII

Calista Tamara Hutapea, Kristiani Pengakunta Br Tarigan

Abstract


Kesulitan dalam pembelajaran matematika masih sering dialami oleh siswa sekolah, salah satunya karena kurangnya media pembelajaran atau referensi, seperti bahan ajar dan lain-lain yang dimiliki oleh siswa, oleh karena itu dengan menambah referensi yang dimiliki akan membantu siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul pembelajaran matematika menggunakan Geogebra dengan sub materi jarak titik, garis dan bidang dalam ruang untuk siswa SMA kelas XII, 2) Untuk mengetahui bagaimana keefektifan penggunaan modul pembelajaran matematika materi dimensi tiga menggunakan Geogebra dengan sub materi jarak titik, garis dan bidang dalam ruang untuk siswa SMA kelas XII. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono, dan langkah-langkah dalam penelitian ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, dan revisi produk.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah modul yang dibuat memiliki tampilan yang cukup menarik dan modul yang digunakan dapat membantu siswa dalam menggambarkan dimensi tiga serta menyelesaikan persoalan mengenai jarak dalam ruang.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.