PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR DENGAN DARING SAAT COVID-19

Astuti Astuti

Abstract


Covid-19 menyebabkan perubahan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Perubahan pembelajaran matematika tatap muka beralih daring. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai pembelajaran matematika kelas tinggi di Sekolah Dasar dengan daring saat Covid-19. Penelitian menggunakan metode kualitatif berpendekatan study case. Dipilih 9 sampel penelitian, yakni 3 guru, 3 siswa, dan 3 orang tua. Menurut hasil penelitian diperoleh temuan apabila guru perlu adaptasi dengan sistem pembelajaran yang baru, siswa penasaran dengan perubahan sistem pembelajaran, serta orang tua bisa memperoleh informasi secara cepat ketika mendampingi siswa belajar di rumah. Perubahan pembelajaran mengakibatkan pembelajaran kurang efektif, jam kerja lebih lama, cepat lelah, kurang terorganisir, dan persiapan mengajar jauh-jauh hari (guru); siswa cepat merasa bosan, bingung menggunakan aplikasi pembelajaran, dan kurang stabilnya jaringan internet; serta orang tua memerlukan waktu ekstra guna mendampingi siswa belajar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.