PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Anggun Arsita Putri, Deodatus Aryan Umbu Rauta, Kezia Estefani

Abstract


Tujuan Pembelajaran dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 tahun 2006 menyatakan bahwa komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki dalam pembelajaran matematika. Sejalan dengan penelitian Miftah (2012) metode komunikasi yang dipakai dalam dunia pendidikan menentukan tingkat efektivitas komunikasi dan menurut Eyler dan Giles (dalam Widharyanto, 2003) membuktikan bahwa keefektifan pembelajaran dipengaruhi oleh media yang digunakan guru. Media pembelajaran dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara siswa dan guru yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika yaitu komik, hal ini dipertegas oleh Rasiman dan Pramasdyahsari (2014) menyatakan bahwa penggunaan komik dapat membuat siswa lebih tertarik untuk belajar karena komik mengandung tampilan yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan komik matematika agar meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan pemahaman terhadap konsep aritmatika. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian Research and development (R&D) model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian yang dipilih adalah seorang siswa kelas VII SMPK Harapan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Komik matematika diduga dapat menjadi media pembelajaran dan digunakan sebagai alat komunikasi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep aritmatika serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.