PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA TEOREMA PYTHAGORAS MATERI PERBANDINGAN PANJANG SISI SEGITIGA-SEGITIGA KHUSUS KELAS VII DI SMP N 2 MLATI

Eldion Setiawan, Sisilia Juita, Bima Budi Perdana Putra, Beni Utomo

Abstract


Dalam pembelajaran secara daring, banyak siswa yang mengeluhkan tidak paham materi pembelajaran yang diajarkan di sekolah salah satunya mata pelajaran matematika. Salah satu materi matematika yang susah dipahami adalah materi Teorema Pythagoras dikarenakan perlunya media pembelajaran untuk memahami materi tersebut. Media pembelajaran yang menarik dan cocok digunakan untuk mengajarkan materi tersebut adalah video stop motion. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran video animasi stop motion dan mengetahui keefektifan penggunaan video animasi stop motion untuk mengajarkan Teorema Pythagoras materi perbandingan panjang sisi segitiga-segitiga khusus pada Kelas VIll SMP N 2 Mlati. Video stop motion dibuat menggunakan aplikasi Stop Motion Studio dan YouCut. Karakter atau objek yang digunakan di video dibuat dari berbagai macam kertas. Setiap gerakan karakter di foto satu per satu hingga tersusun video stop motion. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan menurut Sugiyono. Teknik pengambilan data dari penelitian ini dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan angket. Setelah produk diujicobakan ke siswa, siswa memperoleh nilai tes yang tergolong baik sekali dan memahami konsep materi Teorema Pythagoras serta menyelesaikan soal dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.