PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA WAYANG KULIT MENGGUNAKAN APLIKASI VIDEOSCRIBE PADA MATERI LIMIT FUNGSI UNTUK SISWA SMA KELAS XI
Abstract
Pembelajaran daring pada saat ini lebih banyak menggunakan video pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran yang dikemas dengan menggunakan animasi atau gambar. Video pembelajaran nantinya dapat diunggah ke media sosial. Video pembelajaran yang menggunakan animasi wayang disebut etnomatematika. Etnomatematika sendiri merupakan budaya yang terdapat dalam matematika, yang nantinya dapat mengenalkan kebudayaan daerah dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa SMA kelas XI dalam menyelesaikan persoalan materi limit fungsi dan mengetahui kelayakan media pembelajaran videoscribe berbasis etnomatematika pada materi limit fungsi. Penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian R & D (Research and Development). Penelitian R & D dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate) dimana metode penelitian yang digunakan bertujuan untuk mengembangan video pembelajaran berbasis etnomatematika menggunakan wayang kulit sebagai bagian dari video pembelajaran. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan subjek siswa kelas MIPA XI SMA Negeri Dukun dengan objek penelitiannya media pembelajaran berupa video pembelajaran matematika dengan materi limit fungsi kelas XI. Penelitian ini dilakukan secara daring dikarenakan adanya pandemi yang sedang berlangsung. Produk dari penelitian ini berupa video pembelajaran berbasis etnomatematika wayang kulit pada materi limit fungsi siswa SMA kelas XI, yang dapat memperkenalkan siswa terhadap budaya, sekaligus meningkatkan minat siswa terhadap materi yang disampaikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.