DESAIN PERMAINAN “KULANGGA” (KARTU DAN ULAR TANGGA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEISLAMAN PADA MATERI PEMBAGIAN BERSISA

Nur Fadilatul Ilmiyah, Lucky Eno Marchelin, Risca Mufti Nur Sholihah, Amin Khoiriyah

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu produk yang dapat menjembatani terjadinya komunikasi yang efektif antara pendidik dan peserta didik dalam suatu proses pembelajaran. Media pembelajaran yang baik diperlukan untuk mengkongkritkan konsep yang abstrak seperti konsep-konsep yang ada di dalam matematika. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi ide permainan Kulangga (Kartu dan Ular Tangga) yang didesain sebagai media pembelajaran berbasis keislaman pada materi pembagian bersisa. Penelitian deskriptif kualitatif dipilih untuk menjelaskan ide konstruksi beserta teknis permainan Kulangga. Dalam permainan ini, peserta didik diberikan dorongan untuk menyelesaikan permasalahan dan menyusun strategi yang tepat agar dapat menjadi pemenang. Melalui permainan Kulangga, diharapkan pembelajaran pembagian bersisa berbasis keislaman menjadi lebih menarik dan lebih bermakna bagi peserta didik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.