ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI RUANG BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Melia Sekarpandan, Herlin Etika Wardani, Christina Putri Setyani

Abstract


Matematika secara tidak langsung berkaitan dengan kehidupan nyata yang ada di masyarakat. Hal inilah yang melandasi sehingga matematika menjadi salah satu mata pelajaran wajib di setiap jenjang pendidikan. Namun, tidak sedikit dari siswa yang kurang tertarik dengan pelajaran matematika. Mereka beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga muncul keraguan dari siswa untuk dapat memahami dan menyelesaikan persoalan terkait dengan matematika. Salah satu objek matematika yang sulit untuk dipahami oleh siswa adalah geometri ruang. Kesulitan yang dialami tersebut berdampak pada kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika terkait geometri ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi geometri ruang. Subjek yang digunakan adalah 2 siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Bentuk pengumpulan data yaitu pemberian soal tes dengan indikator berbeda pada setiap butir soal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Newman, terdapat lima tipe kesalahan yaitu (1) Reading error (kesalahan membaca masalah), (2) Comprehension error (kesalahan memahami masalah), (3) Transformation error (kesalahan transformasi masalah), (4) Process skill error (kesalahan keterampilan proses), (5) Encoding error (kesalahan dalam notasi).

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.