ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINIER

Adibiyah Fikri Kholilatulloh, Riawan Yudi Purwoko, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi program linier. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 11 Purworejo tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive yaitu dengan memilih subjek berdasarkan hasil pertimbangan dari guru dan nilai matematika siswa.Instrumen yang digunakan yaitu berupa lembar soal yang terdiri dari satu soal uraian yang berkaitan dengan materi program linier.Analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi program linier yaitu dapat digolongkan dalam kategori kemampuan komunikasi matematis yang tinggi. Siswa dapat menjelaskan hubungan suatu permasalahan dengan menggunakan bahasa sendiri, yaitu ketika siswa mampu membuat model dengan menambahkan variabel 𝑥, 𝑦. Siswa mampu mengubah soal komunikasi matematis yang diberikan ke dalam bentuk pertidaksamaan. Siswa menggunakan notasi dan simbol matematika berupa ≤, ≥, =, ×, −, + dan variabel 𝑥, 𝑦 dengan baik dan benar. Siswa dapat menuliskan rumus nilai fungsi tujuan yang sesuai untuk menyelesaikan soal program linier. Siswa mampu mengubah permasalahan program linier dengan mengunakan grafik fungsi. Secara keseluruhan siswa memenuhi kategori kemampuan komunikasi matematis.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.