ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI LUAS DAN KELILING LINGKARAN

Paulinus Patigor Gulo, Yurmanto Zai

Abstract


Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan untuk mengungkapkan gagasan atau ide-ide terkait masalah, definisi, pernyataan dan semua terkait matematika dalam berbagai cara. Kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa pada materi luas dan keliling lingkaran dimana peneliti akan mengungkap kesulitan apa saja yang dihadapi oleh siswa kemudian memberikan remediasi. Subjek penelitian terdiri dari dua orang siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Proses pengambilan data oleh peneliti menggunakan langkah - langkah diagnosis dan remediasi yang terdiri dari 7 langkah. Data penelitian diperoleh dari proses wawancara dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih kurang. Hal ini dibuktikan dari hasil pengerjaan soal tes yang diberikan kepada siswa. Dimana siswa masih salah dalam membuat sketsa terkait masalah yang diberikan. Peneliti melakukan remediasi kepada siswa dengan cara melakukan pembahasan terkait soal tes diagnostik yang dikerjakan oleh siswa sebelumnya dan juga mengajarkan kembali materi luas dan keliling lingkaran sampai siswa benar - benar paham. Kemudian peneliti melakukan tes ulang untuk menguji keberhasilan proses remediasi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.