ANALISIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LUAS PERSEGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK SISWA SMA KELAS X

Yulius Keremta Lede, Bernardus kalumbang, Yuliana Ina Kii

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian setelah mengalami pembelajaran dengan menggunakan PBL (Problem Based Learning) menunjukkan bahwa, langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah menurut Polya yaitu Siswa sudah mampu memahami masalah, yaitu menuliskan dan menceritakan kembali masalah yang diberikan dengan kata-kata sendiri, sudah mampu merencanakan dan melakasanakan pemecahan masalah, yaitu siswa sudah mampu membuat pemisalan dan menyusun model matematika menggunakan representasi simbol. Selanjutnya siswa menyelesaikan, semua siswa dapat melihat kembali jawaban yang telah dikerjakan dengan mengoreksi kembali jawaban yang telah diperoleh.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.