ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA SISWA SMP

Yofita Febriyanti, Dita Yuzianah, Prasetyo Budi Darmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data tentang kemampuan koneksi matematis pada siswa SMP. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Pengambilan subjek dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Purworejo tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian berupa soal tes koneksi matematis materi SPLDV. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori pandai memenuhi semua indikator koneksi matematis yakni: 1) mengenali konsep dan prosedur matematika serta hubungan antara topik matematika yaitu dapat mengenali konsep dan prosedur matematika dengan menuliskan diketahui dan ditanya pada lembar jawab siswa dan siswa mampu mengenali hubungan antar topik matematika yaitu konsep SPLDV dan Fungsi, 2) mampu mencari hubungan prosedur yang ada dengan prosedur yang lain dalam representasi dengan konsep yang ekuivalen yaitu siswa mampu mencari hubungan PLDV dan SPLDV, 3) mengenali dan menerapkan hubungan antar topik matematika dan topik matematika dengan topik di luar matematika yaitu siswa mampu menghubungkan antar topik SPLDV dan Jual Beli terlihat siswa mampu menemukan hasil pembelian beras jenis Ciherang (x) dan Pandan Wangi (y), 4) menggunakan konsep dan prosedur yang satu dengan yang lain yaitu konsep SPLDV dan Jual Beli, 5) mampu menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari yaitu terlihat siswa mampu mengaitkan perhitungan yang ada dengan kejadian yang ada atau berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yaitu mencari total keuntungan penjualan beras yang dibeli oleh Ibu Sanah.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.