ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERGAYA KOGNITIF IMPULSIF

Windi Septiawan, Isnaeni Maryam, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa bergaya kognitif impulsif. Penelitian ini dilakukan pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mirit tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, catatan lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes MFFT, lembar soal yang terdiri dari empat soal esai dengan materi konsep nilai mutlak danĀ  pedoman wawancara yang sudah divalidasi oleh dua validator dosen pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa bergaya kognitif impulsif dalam materi konsep nilai mutlak yaitu siswa mampu mencapai indikator mendefinisikan konsep secara tertulis dan mengetahui syarat suatu konsep dengan menuliskan serta menjelaskan bagaimana definisi dan syarat konsep nilai mutlak. Siswa belum mampu mencapai indikator menggunakan model, diagram dan simbol untuk mempresentasikan suatu konsep. Siswa belum mampu mencapai indikator mengaplikasikan konsep sesuai dengan langkah pembuktian serta mengenal makna dan interprestasi suatu konsep. Siswa juga belum mampu mengaplikasikan konsep sesuai langkah pembuktian sehingga salah dalam menginterprestasikan suatu konsep.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.