PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM PERMAINAN GOTRI ALO GOTRI PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ADDIE

Maria Via Mega Ade Putri, Mega Dheta Suri, Milinia Frisila

Abstract


Dalam kehidupan sehari-hari, matematika sangat digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan suatu treatment untuk meningkatkan kemampuan matematika dalam diri siswa. salah satu alat yang dapat digunakan untuk mendukung hal tersebut adalah dengan melalui bahan ajar yang digunakan oleh siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa yang berbasis etnomatematika dalam permainan gotri alo gotri pada materi lingkaran untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian Research and development (R&D) model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sampel penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Yogyakarta dengan jumlah 35 siswa. teknik pengumpulan data dengan melalui observasi dan angket. Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli media dan materi, diperoleh bahwa Pengembangan bahan pembelajaran LKS berbasis etnomatematika dinyatakan valid dan layak digunakan serta diduga menambah efektivitas belajar siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.