PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Ika Yuniarti, Muhammad Hafid Musofa, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pembelajaran matematika berbasis Blended Learning berbantuan Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dimana dalam mengumpulkan informasi data dengan teknik dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai macam yang ada di perpustakaan seperti jurnal, skripsi, buku, majalah, berita. Kriteria dalam pemilihan artikel, buku dan skripsi yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis Blended Learning berbantuan Google Classroom yang berhubungan dengan keterampilan berpikir kreatif dan kemandirian belajar. Dari pencarian artikel tersebut dapat dipilih beberapa artikel ataupun jurnal yang relevan dengan penelitian kami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pembelajaran berbasis Blended Learning berbantuan Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian dalam belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari sumber kepustakaan yang menunjukkan bahwa pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Classroom sangat membantu peserta didik untuk dapat memiliki kemampuan berpikir kreatif dan menumbuhkan kemandirian dalam belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.