PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN MATEMATIS PESERTA DIDIK MAN 2 BANYUMAS PADA MATERI TRIGONOMETRI

Anas Tohari

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman konsep dan keaktifan matematis peserta didik kelas X MAN 2 Banyumas pada materi trigonometri yang belum mencapai ketuntasan klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan keaktifan belajar peserta didik kelas X MAN 2 Banyumas melalui model Jigsaw berbantuan Games Tournament pada materi Trigonometri. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai hasil belajar dan indikator kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Siklus I rata-rata nilai hasil belajar mencapai 74,39 dan pada siklus II mencapai 77,97. Indikator menyatakan ulang sebuah konsep pada siklus I mencapai 3,00 dan siklus II mencapai 2,98. Indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih operasi tertentu pada siklus I mencapai 2,89 dan siklus II mencapai 3,14. Sedangkan indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah siklus I mencapai 2,93 dan siklus II mencapai 3,08. Berdasarkan hasil observasi kektifan belajar siswa selama kegiatan pembelajaran diperoleh bahwa peningkatan persentase keaktifan belajar peserta didik dari siklus I 48,9% pertemuan I dan 50,2% menjadi menjadi 53,3 % pertemuan 1 dan 55,6% pertemuan 2 pada Siklus II.  Kesimpulannya adalah melalui penerapan model Jigsaw berbantuan Games Tournament dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan keaktifan belajar peserta didik kelas X MAN 2 Banyumas.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.