Diagnosis Kesulitan Operasi Aljabar Siswa dan Remediasi dengan Pengajaran Remedial

Joni Sadarlah Halawa, Melva Darmawati, Trifonia Abdi Mulia Syukur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa pada operasi aljabar dan usaha mengatasinya dengan pembelajaran remedial. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMP kelas VII.  Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan instrumen tes diagnostic untuk mengetahui kesalahan kesalahan siswa dan wawancara untuk mendapat infromasi lebih dalam tentang kesulitan siswa, soal tes awal dan soal tes akhir untuk mendeskripsikan hasil remediasi. Tahap penelitian ini dimulai dari pemberian tes diagnostik dan tes awal, wawancara subjek, pengambilan keputusan tentang kesulitan siswa, pengajaran remedial pertama atau kedua, pemberian tes akhir dan penarikan kesimpulan. Pengajaran remedial kedua akan diberikan jika subjek tidak berhasil mencapai KKM pada pengajaran remedial pertama. Saran pada penelitian ini diberikan pada bagian kesimpulan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.