PENGARUH MATHEMATICS ANXIETY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMA

Arum Khasanah, Esti Harini, Istiqomah Istiqomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh negatif mathematics anxiety terhadap prestasi belajar matematika, 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh positif mathematics anxiety dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif yang bersifat ex-post facto. Sampel diambil secara acak sebanyak 164 siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket untukĀ  mathematics anxiety dan motivasi belajar, sedangkan untuk prestasi belajar matematika menggunakan teknik dokumentasi. Pengujian instrumen untuk validitas menggunakan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi ganda. Diperoleh hasil penelitian : Tidak ada pengaruh negatif mathematics anxiety terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Kasihan dengan nilai thitung= -0,985 atau nilai sig = 0,326. Tidak ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Kasihan dengan nilai thitung = 1,532 atau nilai sig = 0,127. Tidak ada pengaruh positif mathematics anxiety dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Kasihan dengan nilai Fhitung= 1,187 atau nilai sig = 0,308.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.