PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTU SUPERMII MATERI PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL

Ni Made Ayu Dewi Murtiani, Kurnia Alfa Alvionita, Beni Utomo

Abstract


Pada era sekarang, penting diperlukannya penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi tersebut yaitu dengan membuat bahan ajar berbasis digital. Apalagi, saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi virus corona sehingga mengakibatkan pembelajaran dilakukan secara daring. Selama pembelajaran daring, banyak siswa yang mengalami kesulitan memahami materi khususnya pada pelajaran matematika pada materi pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar berbasis digital sehingga penelitian ini akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Tujuan penelitian adalah (1) untuk merancang video pembelajaran sebagai pengembangan bahan ajar materi pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel dan (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan video pembelajaran materi pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel. Tahap-tahap penelitian dilakukan menurut Sugiyono dalam 7 tahapan yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) uji coba produk; dan (7) revisi produk. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, angket dan tes. Angket diolah berdasarkan skala Likert.

Hasil penelitian menunjukkan sebesar 87,78%. Artinya, video pembelajaran dikategorikan sangat layak. Selain itu, berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai subjek yang cukup baik sehingga menandakan pemahamannya dalam menggambar grafik pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel meningkat setelah diberikan video pembelajaran.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.