PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN HUTARUT (HUBUNGAN ANTAR SUDUT) UNTUK SISWA TUNANETRA

Selti Ika Jitanti, Nila Kurniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Papan Hutarut untuk siswa tunanetra. Penelitian ini  menggunakan metode penelitian Research and Development Level 1 yaitu penelitian yang menghasilkan rancangan produk dan rancangan tersebut divalidasi secara internal (pendapat ahli dan praktisi) tetapi tidak diproduksi atau tidak diuji secara eksternal. Tahap penelitian pengembangan media pembelajaran Papan Hutarut yaitu  (1) tahap potensi dan masalah, (2) studi literatur dan pengumpulan informasi, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi produk, dan (5) tahap desain teruji. Subjek penelitian ini adalah  siswa tunanetra kelas VII SLB Muhammadiyah Purworejo. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi media oleh ahli dan praktisi media. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi yaitu dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa media Papan Hutarut teruji valid dengan skor kriteria valid 2,43.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.