ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa. Penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini mengambil subjek siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo dengan jumlah 3 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan Uji kredibilitas dengan cara triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pemecahan masalah metematika meteri teorema pytagoras dengan mekognisi tinggi, siswa mampu memahami masalah dengan baik dengan menuliskan unsur-unsur yang diketahui seperti sisiĀ miring, sisi tegak dan menuliskan apa yang ditanyakan, siswa mampu menghubungkan pengetahuannya untuk menyelesaikan soal dengan membuat gambar berbentuk segitiga, siswa menerapkan berbagai stategi yang cocok untuk memecahkan masalah dengan menggunakan alternatif triple pytagoras, serta siswa merefleksi proses pemecahan masalah dengan menggunakan tahapan pemecahan masalah Polya. Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika materi teorema phytagoras dengan metakognisi rendah siswa tidak menuliskan unsur-unsur yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal materi teorema phytagoras tersebut, namum siswa dapat merencanakan dan menyelesaikan masalah dengan benar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.