ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SPLDV BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Debi Ambararum Ayuningtyas, Bambang Priyo Darminto, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Pada abad 21, keterampilan yang perlu diterapkan di sekolah yaitu kreativitas. Kreativitas dalam matematika lebih pada kemampuan berpikir kreatif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas VIII E SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pemilihan subjek berdasarkan pada kemampuan matematika siswa lower, middle, dan upper dari penilaian tengah semester (PTS). Pengumpulan data menggunakan soal tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria berpikir kreatif siswa berada pada tiga kategori yaitu sangat kreatif (1 siswa dari kemampuan matematika upper), cukup kreatif (1 siswa dari kemampuan matematika lower), dan kurang kreatif (1 siswa dari kemampuan matematika middle). Pada kategori kurang kreatif, siswa tidak mampu membuat satu jawaban yang berbeda, meskipun cara penyelesaian yang dibuat beragam. Kategori cukup kreatif, siswa mampu menunjukkan berbagai cara penyelesaian yang berbeda dengan fasih meskipun jawaban yang dihasilkan tidak baru. Kategori sangat kreatif, siswa mampu menyelesaikan dengan cara penyelesaian yang berbeda dengan fasih dan fleksibel.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.