PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Anis Mutoharoh, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi trigonometri menggunakan metode Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dari kelas XB SMK Kesehatan Purworejo tahun pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data menggunakan triangulasi teknik dari data tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model TTW dilihat dari meningkatnya rerata nilai awal siswa 58,35 menjadi 66,30 di siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 79,61. Serta meningkatnya presentase ketuntasan siswa dari 39,13% menjadi 60,87% pada siklus II, kemudian naik menjadi 86,96% pada siklus II; 2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah juga dapat dilihat dari tercapainya indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu siswa dapat memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.