PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN

Anggita Setyoasih Pembayun, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep, dan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP PGRI Bagelen tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi kondisi awal siswa menunjukkan bahwa diperoleh rata – rata persentase nilai ulangan pertama kelas VIII-B adalah 67,83 dengan ketuntasan belajar klasikal adalah 62,5% dari 24 siswa. Pada siklus I diperoleh rata – rata persentase keaktifan belajar siswa 66,67% dan pemahaman konsep 41,67%. Pada siklus II diperoleh rata – rata persentase keaktifan belajar siswa 88,33% dan pemahaman konsep siswa 95,83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan pemahaman konsep  siswa.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.