PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN 9 PURWOREJO

Aminah Nurul Wahyu Hidayatuloh, Prasetyo Budi Darmono, Heru Kurniawan

Abstract


Aminah Nurul Wahyu Hidayatuloh. “Pengaruh Kedisiplinan dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Purworejo”. Skripsi. Pendidikan Matematika. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara: (1) kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika; (3) kedisiplinan belajar  dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 94 siswa. Teknik pengambilan data adalah teknik angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika; (3) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.