IMPLEMENTASI ANALISIS CROSSTAB BIMBINGAN BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN UJI CHI-SQUARE

Astrika Praokta Fialine, Rohmatul Fajriyah

Abstract


Munculnya wabah pandemi Covid-19 menjadikan proses belajar dan pembelajaran baik pendidikan secara formal maupun pendidikan non formal terhambat. Hal ini berdampak pada salah satu lembaga bimbingan non formal yaitu Nusagama Grup yang mengalami penurunan siswa cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis deskriptif dan mengetahui hubungan yang terdapat pada jenis kelamin, jenjang pendidikan, durasi pertemuan, dan jenis pembelajaran dengan tipe siswa di Nusagama Grup. Analisis yang digunakan yaitu analisis tabel kontingensi dengan uji chi-square menggunakan sampel sebanyak 90 siswa bimbingan belajar di Nusagama Grupyang diambil pada bulan Juli 2020 hingga Januari 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenjang pendidikan dan durasi pertemuan dari hasil uji alternatif Kolmogorov-Smirnov memiliki hubungan dengan tipe siswa dengan masing-masing nilai Asymp. Sig (2-sided) yaitu 0,002 dan 0,000. Sedangkan pada jenis kelamin dan jenis pembelajaran tidak memiliki hubungan dengan tipe siswa dilihat dari nilai Asymp. Sig (2-sided) yaitu masing-masing sebesar 0,740 dan 0,165. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan dapat menjadi acuan kepada lembaga untuk meningkatkan kinerja atau dengan menambah tentor bimbingan belajar yang sesuai dengan jenjang pendidikan siswa, durasi waktu yang menyesuaikan, memahami karakter dari siswa berdasarkan jenis kelaminnya, dan menyesuaikan jenis pembelajaran mengingat angka Covid-19 yang masih tinggi.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.