EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP N 1 Turi Sleman. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, uji keseimbangan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran langsung memiliki nilai rata-rata kelas sebesar 70,12 sedangkan dengan model pembelajaran STAD memiliki nilai rata-rata kelas 80,47. Kesimpulan yang diperoleh yaitu model pembelajaran STAD lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP N 1 Turi Sleman dengan uji analisis data thitung > ttabel yaitu 2,701 > 1,669.
Kata Kunci: Efektivitas, Model STAD, Prestasi Belajar Matematika
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.