ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KRATON YOGYAKARTA

Dafid Slamet Setiana, Annis Deshinta Ayuningtyas, Rusgianto Heri Santosa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan hasil analisis pembelajaran matematika menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta ditinjau dari hasil belajar siswa. (2) Mesdeskripsikan hasil analisis pembelajaran matematika menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta ditinjau dari pemahaman budaya siswa. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Taman Dewasa kota Yogyakarta siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes matematika, angket dan wawancara. Uji validitas dilakukan dengan mengirimkan berkas kepada validator (ahli) untuk divalidasi kemudian dilakukan perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terlaksana sesuai dengan tujuan yang diharapkan, siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar matematiuka siswa. Melalui pembelajaran berbasis etnomatematika menjadikan siswa mulai menyukai Budaya Kraton Yogyakarta sehingga meningkatkan pemahaman terhadap budaya sekitar.

Kata Kunci: Analisis pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Etnomatematika, Kraton Yogyakarta


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN. 2459-962X

Prosiding Sendika

Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.