PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA KERTAS ORIGAMI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Video pembelajaran berbantuan media kertas Origami. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group-Pretest-Postest dengan membandingkan hasil pretest dan postest siswa pada kelas yang diujicobakan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP 3 Karawang Barat sebanyak 24 siswa dengan topik bahasan pembuktian jumlah sudut antara segitiga. Tahapan pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan observasi untuk menentukan kelas yang akan diujicobakan, kemudian melakukan perencanaan, memberikan pretest, melakukan treatment/tindakan, dan tahap terakhir memberikan postest untuk melihat peningkatan dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan video pembelajaran dengan berbantuan media kertas origami. Hal ini dikarenakan penggunaan video pembelajaran membuat siswa menjadi lebih tertarik dan semangat dalam belajar serta dengan dibantu adanya media kertas origami siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa bukan hanya mendengarkan tetapi siswa dapat mempraktekannya langsung dan bisa memberikan kesimpulan dari proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan video pembelajaran dengan berbantuan media kertas origami.
Kata kunci : Hasil Belajar, Video Pembelajaran, Media Kertas Origami
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.