KEMAMPUAN DAN PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN SOAL HOTS
Abstract
Menyambut era revolusi industri 4.0 diperlukan keterampilan berpikir kritis. Untuk melatih hal tersebut berbagai usaha dilakukan melalui pendidikan. Salah satunya adalah pengembangan soal berorientasi HOTS (Higher Order Thingking) bagi siswa khususnya mata pelajaran matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan dan persepsi mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah matematis berorientasi HOTS bagi sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek 19 mahasiswa semester II. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Pertama, peneliti menganalisis data hasil tes dan mendeskripsikan kemampuan para mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan matematis berorientasi HOTS. Kemudian, peneliti melakukan wawancara untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai soal-soal yang berbentuk HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahasiswa mampuĀ memecahkan masalah: 1) bilangan & operasinya, 2) geometri, namun mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah: 1) aljabar, dan 2) probabilitas. Kesulitan ini disebabkan soal-soal yang berbentuk HOTS kurang familiar bagi mahasiswa dan masih kurangnya kemampuan mencipta mahasiswa.
Keywords: HOTS, kemampuan, persepsi, taksonomi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN. 2459-962X
Prosiding Sendika
Publisher: Department of Mathematics Education Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.